SURABAYA BERGEMA ALQURAN (SBQ) 2014

Posted on Posted in Berita

Momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H, IBS Tour & travel selaku presenter acara mengadakan khotmil quran secara serempak se-Kota Surabaya. Kegiatan yang diberi nama “Seribu Majelis Bergema Alquran” ini dimulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pukul 14.00 WIB. Dibaca oleh peserta majelis dari Masjid, Musholla, Majelis ta’lim, maupun rumah tangga di seluruh Surabaya. Bahkan diikuti oleh daerah luar Surabaya, seperti Waru (Sidoarjo), Sukodono (Sidoarjo), dan Gresik.

Selesainya khotmil quran di masing-masing lokasi, peserta majelis berkumpul di Tugu Pahlawan pukul 15.00 WIB untuk mengikuti tahtim inti bersama para ulama dan Kyai di Surabaya. Serangkaian acara yang dilalui sebagai berikut:

– Pembukaan acara dengan pembacaan ummul qur’an oleh KH. Sholeh Sahal (pimpinan LPBA Sunan Ampel, Surabaya).
– Dilanjutkan dengan tahtimul qur’an oleh KH. Abdul Aziz Hasanan (pengasuh dan pendiri Ponpes Tahfidzhul Qur’an “Sunan Giri” Wonosari Tegal, Surabaya).
– Dilanjutkan dengan doa khotmil qur’an oleh KH. Robich Qosim (pengasuh Ponpes Tahfidzhul Qur’an “Fatchus Salam” Ampel, Surabaya).
– Mauidhoh chasanah, oleh KH. Agoes Ali Masyhuri (pengasuh Ponpes “Bumi Sholawat” Tulangan, Sidoarjo).
– Penutup acara doa I (kesatu), oleh KH. Miftahul Achyar (Rois Syuriyah PWNU Jawa Timur).
– Penutup acara doa II (kedua), oleh KH. Abdul Muchit Murtadlo (Ketua MUI Surabaya, dan Ketua KORMAS Surabaya).

KH. Echwan Siswadi selaku penanggung jawab acara menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai pondasi awal untuk membudayakan kaum muslimin dan muslimat mengawali tahun baru hijriyahnya dengan khotmil qur’an. Diharapkan di tahun-tahun mendatang masyarakat sudah terbiasa melakukan khotmil qur’an secara otomatis. Selain manfaatnya kembali kepada diri sendiri, bagi keluarga (baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal), kegiatan ini juga sebagai bentuk reformasi budaya, yaitu jika datangnya tahun baru hijriyah dulu ‘kurang’ mendapat perhatian, kini agar lebih diperhatikan dengan kegiatan-kegiatan islami. Sehingga adanya tahun baru Islam, tidak kalah semaraknya dengan tahun baru masehi.

Pada Surabaya Bergema Alquran (SBQ) tahun 2014 ini, IBS memberikan apresiasi kepada peserta SBQ dengan hadiah 10 umroh gratis. Pada mulanya, IBS memberikan 7 hadiah umroh. Namun saat mengetahui geliat masyarakat Surabaya yang semarak dengan kegiatan ini, di akhir acara KH. Echwan Siswadi memberikan surprise dengan menambah 3 hadiah umroh lagi. Acara ini juga memecahkan REKOR MURELA (Museum Rekor Aula) yang diterbitkan oleh PT. Aula Media NU, di bawah naungan PWNU Jawa Timur. Didirikannya Rekor Murela ini untuk mewadahi segala bentuk kegiatan Islami yang bersifat spektakuler, atau belum pernah dilakukan sebelumnya dengan kriteria yang ada.

Beliau juga menyampaikan bahwa tahun depan, akan meningkatkan kegiatan ini menjadi “Karesidenan Surabaya Bergema Alquran”. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi kaum muslim yang turut menyukseskan kegiatan seperti ini. Kaum muslim lebih membiasakan diri dengan khotmil qur’an, dan meraih keberkahan hidup dengan Alqur’an.

*Zakka Ahmad

Tinggalkan Balasan