Upaya Arab Saudi Agar Umroh Segera Dilaksanakan Kembali

Pandemi virus corona belum kunjung usai. Berbagai aktivitas dan roda perekonomian terganggu.

Termasuk aktivitas ibadah seperti haji dan umrah. Di mana kini dilakukan pembatasan dari segi jumlah.

Namun, kabar menggembirakan datang dari Arab Saudi. Kabar itu disampaikan Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono.

disampaikannya, pemerintah Arab Saudi secara resmi akan membuka penerbangan Internasional mulai 16 September mendatang.

“Terkait umrah, belum ada info resmi dari kementerian haji dan umrah Arab Saudi,” ujar Eko, saat dihubungi

Namun demikian, menurut Eko, dibukanya penerbangan internasional mulai 16 September mendatang, menjadi tanda ibadah umrah dan ziarah juga akan segera dibuka.

“Sesuai rencana Arab Saudi akan menyambut kedatangan orang asing mulai 16 September. Jadi menurut saya, sejak itu pula ziarah termasuk umrah sudah dibuka kembali,” ungkapnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan ibadah haji 144H/2020 resmi selesai 2 Agustus 2020.

 

Terkait jamaah haji Indonesia yang mengikuti ibadah haji kemarin, ia menyebut hingga saat ini dalam kondisi baik. Setelah ritual haji selesai, mereka kembali ke hotel untuk diberangkatkan ke daerah tinggal masing-masing.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, menyebut terus memantau kebijakan Arab Saudi terkait kemungkinan dibukanya umrah. Ia juga sudah menghubungi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk membahas hal tersebut.

“Saya kemarin sudah kontak dengan bagian teknis di Kementerian Haji Arab Saudi, membicarakan kemungkinan rapat membahas pelaksanaan umrah pascahaji,” ujar Endang.

Dalam kondisi normal, selesainya gelaran haji berarti menandakan dibukanya musim penyelenggaraan ibadah umrah. Sementara, penyelenggaraan ibadah umroh ditangguhkan sejak akhir Februari 2020.

Penangguhan dilakukan berkenaan dengan merebaknya pandemi Covid-19 di berbagai negara. Kebijakan untuk menangguhkan sementara akses masuk ke Kerajaan Arab Saudi berlaku baik untuk umrah, ziarah, maupun wisata.

Endang lantas menyebut, musim umrah ada kemungkinan akan dibuka kembali. Terlebih melihat jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi yang terus menurun.

Apakah Benar September tahun ini Pelaksaan Umroh di buka , Tunggu Berita selanjutnya , Terima kasih .

By. VQ 24/08/2020