Jakarta, CNN Indonesia —

Ada yang pernah bilang, cara menentukan kualitas sebuah hari ditentukan dengan bagaimana seseorang mengawali rutinitas pagi. Pakar Kebugaran, Stephanie Mansour mengungkapkan ketika pandemi Covid-19 ini masih berlanjut maka pagi akan terasa lebih berat.

Namun ia meyakinkan, ada sejumlah cara praktis untuk membantu Anda mengubah rutinitas pagi menjadi lebih menyenangkan dan mendongkrak mood.

Menurut Stephanie Mansour dikutip dari Today, hal yang paling banyak dikeluhkan kliennya adalah soal bagaimana memilih kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat sekalipun di tengah waktu yang sempit. Sebab selama pandemi, sebagian besar orang menerapkan kerja dari jarak jauh.

Berikut beberapa ide untuk membantu meningkatkan kesehatan sekaligus mendongkrak mood mengawali rutinitas pagi Anda.

Tiga ketika bangun tidur

Beberapa peregangan paling baik dilakukan setelah Anda bangun tidur. Bergulinglah perlahan dari bawah selimut, berdiri di samping tempat tidur, dan lakukan salut matahari.

Mulai dengan meletakkan tangan di sisi tubuh dan raihkan tangan ke atas kepala. Fokuskan pada pernapasan Anda ketika menurunkan kembali lengan.

Meditasi alih-alih minum kopi

Sebagai ganti minum kopi sambil membaca koran, email pekerjaan atau pesan pendek yang terlewat, cobalah untuk minum kopi dengan menghidunya, sembari melatih pernapasan dan meditasi.

Tarik napas selama empat hitungan, tahan selama empat hitungan, lalu buang napas selama empat hitungan. Ulangi hal serupa untuk beberapa kali.

Smoothie squat

Setelah menekan tombol ‘blend’ untuk membuat smoothie, sembari menunggu Anda bisa melakukan 10 squat secara cepat. Mulailah dengan merentangkan kaki selebar pinggul, lalu turunkan tubuh ke posisi jongkok. Lakukan ini 10 kali, sambil memastikan punggung tetap lurus.

Jadikan smoothie sebagai hadiahnya usai Anda melakukan squat singkat.

Modifikasi saat mandi

Luangkan waktu untuk melatih otot perut sambil mandi. Lakukan cepat saja. Pastikan dulu lantai kamar mandi Anda tidak licin.

Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, lalu ambil sebotol sampo atau kondisioner atau sabun lantas, putar tubuh Anda untuk melatih inti otot. Jika Anda tidak memiliki botol sampo atau kondisioner, cukup letakkan tangan Anda di depan.

Melatih kelenturan dengan lotion

Melembabkan tubuh adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memanjakan kulit. Mengoleskan lotion di punggung tampaknya memang sulit, tapi cara ini bisa sekaligus Anda lakukan untuk melatih kelenturan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Dengan begitu, manfaatnya akan ganda, mendapatkan kulit lembab dan tubuh yang kian lentur. Letakkan lengan kanan Anda di belakang leher dan lengan kiri di belakang punggung. Tujuan gerakan ini adalah untuk menyatukan kedua tangan Anda.

Berias sambil melatih pernapasan

Memoles atau merias wajah membutuhkan konsentrasi serius. Apalagi untuk bagian mata. Saat Anda membubuhkan eyeliner atau eye shadow, cobalah sambil menahan napas selama 10 detik, lalu tarik napas selama 5 detik.

Lakukan hal tersebut tiga kali sambil bersantai dan menyempurnakan penampilan Anda.

Jalan sembari meregangkan leher

Entah itu dalam perjalanan ke kantor, ataupun hanya di rumah saja, cobalah berjalan kaki sambil meregangkan leher dengan benar. Peregangan ini bisa ‘menjinakkan’ ketegangan pagi hari.

Saat berjalan dari tempat tidur ke ruang tengah, atau ruang tamu, atau dalam perjalanan ke kantor, Anda bisa memulai dengan memutar leher ke sisi kanan, ke kiri, dan ke belakang lagi. Putar saja perlahan. Lakukan selama sekitar 30 detik.