Sholat! Sehat lagi…
Sholat adalah rukun islam yang ke 2, wajib hukumnya setiap muslim untuk melaksanakan sebagai amalan ibadah, selain itu sholat juga sebagai tiang agama. Jika tidak dilaksanakan maka tiang itu akan roboh, dan setiap gerakan dalam sholat mulai dari takbiratul ihram sampai salam memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita, kecerdasan juga, apalagi ? Banyak manfaatnya! “Sudah sebagai amalan kita nanti, sehat lagi”
Ngak percaya? Mau dibuktikan?

Gerakan dalam sholat merupakan bentuk rileksasi seluruh unsur dalam tubuh seseorang, dimulai dari berwudhuk. Tujuannya tidak hanya mebersihkan diri dari kotoran namun juga membuka pori-pori yang tertutup oleh debu, sehingga aliran udara dan sirkulasi darah menjadi lancar.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti asing juga sudah membuktikan, beberapa gerakan sholat memang berpengaruh pada bagian tubuh tertentu. Asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan dalam jangka waktu tertentu.

Berikut 10 gerakan sholat bagi kesehatan :

1. Takbiratul Ihram, melancarkan aliran darah
Gerakan pertama dalam sholat adalah Takbiratul ihram. Takbiratul ihram ialah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap di depan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan ini sendiri untuk melancarkan aliran darah, getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan. Posisi jantung yang berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada bagian tubuh atas.

2. Rukuk, keseimbangan
Rukuk ialah saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus, bahkan segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar. Begitu juga dengan posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan rukuk ini sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah. Begitu juga saat posisi Tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal, bermanfaat bagi pencernaan
Gerakan bangun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga disebut I’tidal. Manfaat gerakan I’tidal sangat baik untuk pencernaan karena gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pemijatan dan pelonggaran.

4. Sujud, meningkatkan kecerdasan
Kerena Posisi jantung berada atas otak saat sujud, menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak, aliran ini memberi efek positif pada daya pikir seseorang. Maka dari itu, jangan melakukan sujud dan tuma’ninah secara tergesah gesah agar aliran darah berjalan dengan baik, jangan. gerakan ini juga bisa menghindarkan gangguan wasir dan memperbaiki aliran getah bening. Rukuk itu sendiri merupakan gerakan menungging dengan meletakkan kedua tangan di samping kepala, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai atau sajadah. Kemudian terkhusus untuk para muslimah muslimah, baik sujud atau pun rukuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan kewanitaan.

Gerakan ini juga sangat menguntungkan wanita dalam persalinan. Karena dibutuhkan pernapasan yang baik saat proses. Maka jika otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, secara alami perut akan lebih elastic, ini disebabkan oleh kebiasaan sujud sehingga tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Kelebihan shalat adalah menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan. Terutama pada gerakan sujud, sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. ketika sujud, beban tubuh bagian atas menumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Menrut beberapa ahli kesehatan gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). Maka sholat tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT tetapi juga untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi kelenjar air.

Menurut beberapa penelitian bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal. karena pada posisi itu jantung tepat berada diatas kepala. Gerakan ini tergolong unik karena pada saat itu kepala manusia benar benar berada dibawah bahkan dibawah pantatnya sendiri., gerakan ini berarti saat menghadap kepada tuhannya manusia memang berada ditempat yang sangat rendah. sujud tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.

5. Duduk, memperbaiki aliran darah di kemih
Dalam sholat terdiri dari dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. sedangkang Duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia.

Tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki yang harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan disebut duduk tawarruk. Posisi ini keadaan tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang dapat memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.
Saat keadaan duduk inilah tumit berkonsentrasi pada daerah otot-otot perineum. Daerah ini merupakan daerah terlindung pada wanita yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.

6. Salam, rileksasi otot
Gerakan terakhir dalam sholat yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam. manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Ayok sholat! Jangan ditinggalkan ya! Wajib loh, dan sehat.
(Sumber :blogdokter)