Tips Awet Muda Menurut Islam – Untuk bisa awet muda biasanya kita akan melakukan perawatan rutin ke salon atau ke dokter kulit untuk meminta tips awet muda. Khususnya untuk para cewek yang ingin kulit wajahnya selalu terlihat kencang tanpa keriput. Tapi sebenarnya supaya awet muda ada cara-cara yang lebih alami dan murah meriah yang bisa dicoba.

Mungkin kamu masih belum yakin memangnya ada cara awet muda alami yang murah dan mudah? Tapi sebenarnya dengan mengubah sedikit kebiasaan dan gaya hidup, kita bisa awet muda secara alami, lho. Langsung saja ini lah tips awet muda menurut islam.

Tips Awet Muda Menurut Islam

Awet muda memang menjadi impian banyak orang. Meskipun bertambahnya umur, banyak orang yang tidak ingin terlihat wajahnya tampak tua. Hal itu membuat banyak orang ingin berlomba-lomba untuk melakukan cara agar memiliki wajah tampak awet muda.

Kalau kamu ingin memiliki wajah yang tampak awet muda, kamu bisa mengikuti cara orang-orang terdahulu. Seperti kakek nenekmu, mereka bahkan hingga berumur lanjut tetap kuat dalam menjalani segala aktivitas. Maka kamu harus mengetahui tips dari mereka.

1. Tersenyum

Dalam ajaran Islam, ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain yakni dengan senyum, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW: “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)

2. Taat Ibadah, Sabar, Senang Bersyukur, dan Ramah

Shalat, sabar, bersyukur, dan ramah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari diri umat islam. Semua umat islam wajib menjalankan sholat dan selalu bersyukur dalam kondisi apapun. Juga sabar dan selalu ramah meski dalam kondisi sempit. Karena semua yang sobat alami sudah ada yang mengatur.

Pedoman itu harus dipegang teguh oleh semua umat islam agar hati menjadi tenang dan fikiran menjadi lebih fresh. Karena fikiran yang stress dan hati yang suntuk akan membuat sel-sel lebih cepat mati yang bisa membuat sobat terlihat lebih tua.

3. Menganut Pola Makan Sehat

Makan itu tidak hanya memasukkan sesuatu yang mengenyangkan ke dalam perut, tetapi sobat juga harus mempertimbangkan takaran gizi yang masuk ke dalam tubuh sobat. Makanan yang sehat adalah makanan yang seimbng antara sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga daging. Tidak berat sebelah. Nabi juga mengajarkan pola makan sehat ala Rasulullah yakni makan tidak terlalu kenyang, untuk membagi ruang perut menjadi tiga bagian, 1/3 makanan, 1/3 air, dan 1/3 udara.

4. Puasa Sunah

Selain baik untuk kesehatan tubuh, puasa sunnah juga baik untuk perawatan wajah dan kecantikan.

5. Memakai Minyak Zaitun di Wajah

Tips mencerahkan wajah dalam islam bisa menggunakan minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk wajah karena bisa menjaga kelembapan wajah dan mengatur kadar minyak di wajah. Apalagi sobat hidup di Negara Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Penting sekali untuk menjaga wajah sobat tetap lembab. Rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun apabila wajah sobat sudah mulai kering dan bersisik.

6. Memperbaiki Pribadi Jadi Lebih Baik

Cara awet muda alami dalam islam merupakan cara yang paling mudah untuk diikuti, tanpa obat-obatan kimia atupun hukum operasi plastik sobat bisa menjadi cantik dan awet muda. Benar-benar alami dan menggunakan bahan-bahan yang mudah sobat dapatkan di alam. Jika sobat benar-benar ingin terlihat selalu muda dan cantik, maka sobat bisa mencoba untuk mengikuti bagaimana Nabi Muhammad merawat diri.

Hanya dengan memperbaiki diri, resep awet muda tersebut bisa sobat dapatkan dengan mudah. Namun terkadang setiap sobat ingin berubah, satu-satunya hal yang selalu menghalangi adalah diri sobat sendiri. Jadi mulailah dengan melawan diri sobat sendiri agar bisa menjadi pribadi lebih baik lagi.

7. Berwudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam sebelum melakukan ibadah sholat, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh sobat. Namun, dibalik itu ternyata wudhu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit sobat dan hal ini telah dibuktikan oleh peneliti dari Austria yaitu Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology.

Didalam penelitian nya dia mengatakan bahwa ada sesuatu yang menakjubkan tentang wudhu. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pusat-pusat syaraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga hal ini bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf tersebut dan tentunya berdampak pada kesehatan kulit yang tersentuh oleh air wudhu.

8. Gerakan Sujud

Sujud merupakan salah satu dari gerakan shalat yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim ketika melakukan ibadah sholat. Ternyata sujud tidak hanya sebagai bagian dari gerakan sholat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Seperti yang dikatakan oleh Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University. Dalam kajiannya ia mengungkapkan bahwa dengan sujud maka otak manusia akan dimasuki oleh darah dan urat pada otak ini hanya bisa dimasuki oleh darah ketika sedang sujud saja.

9. Mengucapkan Salam

Mengucap salam merupakan kebiaasan baik yang harus tetap sobat jaga karena selain mendapatkan pahala, hal ini juga bisa membuat sobat menjadi awet muda.

10. Berfikir Positif

Seseorang yang sering mengucap salam apabila bertemu sesama muslim maka otomotis wajahnya akan berseri-seri, karena tidak ada orang yang mengucap salam sambil cemberut. Nah, karena sobat selalu bahagia maka hal ini tanpa sobat sadari akan membuat sobat terhindar dari penuaan dini dan selalu awet muda.

11. Tidak Sombong

Senyum merupakan ibadah yang paling murah dan mudah dilakukan sehingga tidak ada salahnya apabila sobat murah senyum kepada setiap orang. Selain enak dipsobatng ternyata orang yang murah senyum akan cenderung lebih awet muda karena hal ini akan membuat wajah sobat damai sehingga tidak hanya cantik diluar tetapi cantik juga didalam.

12. Menghilangkan Iri dan Dengki

Perasaan iri dan dengki hanya merugikan diri sobat sendiri karena hal ini sangat dibenci oleh Tuhan YME. Selain itu, seseorang yang selalu memendam rasa iri dan dengki didalam hatinya maka wajahnya akan terlihat kusam dan selalu masam, cemberut, muram dan sinis. Hal ini tentu saja akan membuat sobat cepat terlihat tua karena tidak pernah tersenyum. So, hilangkanlah perasaan iri dan dengki apabila sobat ingin awet muda.

13. Menyayangi Anak Yatim

Dengan banyak bergaul, menyayangi dan menyantuni anak anak yatim/ piatu hati sobat akan menjadi lembut. Dan kelembutan itu akan terpancar dari wajah sobat, hingga wajah sobat menjadi teduh dan enak dipandangng orang.

14. Shalat Tahajud

Shalat tahajjud juga bisa membuat kamu awet muda lho, sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, “Siapa saja yang banyak menunaikan shalat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan/cantik di siang hari. ” (HR. Ibnu Majah) Berkata Imam Ibnul Qayyim, ”Sesungguhnya shalat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Ada sebagian wanita yang memperbanyak pelaksanaan shalat malam.

Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, Shalat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang jika wajah kami menjadi lebih bagus”. Demikian yang dituliskan oleh Mahmud Mahdi Al-Istambuli. Perlu juga diingat bahwa kiat ini bukan cuma monopoli kaum Hawa saja, kaum Adam pun perlu juga menerapkannya.

15. Menahan Amarah

Orang yang sering marah-marah atau mengumbar rasa emosi tidak ada hasrat untuk mengelolanya. Wajahnya bakal lebih cepat mengalamai sistem pengeriputan. Mengapa? Karena kemarahan adalah tipe emosi yang membuat otot-otot di wajah menegang, Emosi yang tidak diminimalkan ini menyebabkan keriput.

Bukan hanya itu saja, perasaan geram menyebabkan menebarnya hormon kortisol yang menyebabkan produksi kolagen pada kulit menyusut. Di mana sesungguhnya kolagen adalah bahan paling utama untuk membuat kulit awet muda, kencang serta kenyal. Oleh karenanya Rasulullah salalahualaihiwasalam menyarankan umatnya untuk menahan amarah beliau juga bersabda,

Barangsiapa yang menahan kemarahannya walau sebenarnya dia dapat melampiaskannya, Allah Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat dihadapan seluruh manusia lalu Allah biarkan memilih bidadari bermata cermat yang disenanginya. ” (HR. Abu dawud (no. 4777). Hasan).